Senin, 16 April 2012


Tradisi Copas, Bunuh Kreativitas

Istilah copas, merupakan pendekatan dari kata copy paste. Dewasa ini copas menjadi kegiatan yang sangat akrab dengan kehidupan pelajar dan mahasiswa. Copas seakan telah menjadi darah daging bagi kehidupan pelajar dan mahasiswa, tiada hari tanpa copas. Tak sadarkah bahwa tradisi copas yang telah melekat dengan pelajar dan mahasiswa ini bisa menjadi duri dalam daging, akan sangat sakit dan bisa membunuh diri sendiri.  Copas merupakan salah satu jalan singkat yang sering ditempuh untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pendidik (guru dan dosen). Hanya dalam waktu 10-15 menit, tugas bisa selesai. Instan dan praktis bukan? inilah yang dirasakan oleh para pelajar dan mahasiswa, dan akhirnya menjadi kebiasaan.
Kebiasaan ini didukung dengan adanya fasilitas pendukung yaitu fasilitas internet. Semua bahan pelajaran tersedia secara lengkap, sehingga memudahkan peserta didik dalam membuat tugas. Mereka hanya mengopi semua bahan yang diperoleh dari internet tersebut, tanpa adanya penambahan. Tidak ada salahnya menggunakan fasilitas internet sebagai sumber belajar, namun bukan berari juga hanya mengopi semua bahan yang ada. Dalam membuat tugas itu kan bisa dengan menggabungkan beberapa buku sumber ditambah situs dari internet. Dengan demikian kreativitas akan tetap terjaga, tidak akan hilang dari diri peserta didik tersebut. Hasil yangdiperoleh pun akan lebih baik, dan satu lagi bahan pelajaran itu akan tetap ada dalam ingatan karena sewaktu membuatnya menggunakan kallimat dan bahasa sendiri. Tugas yang dibuat dengan menggunakan kalimat dan bahasa sendiri akan lebih lama tertinggalnya dalam otak dan pikiran.
Tradisi copas ini sebenarnya tidak baik untuk kalangan pelajar dan mahasiswa, karena akan mengakibatkan timbulnya rasa malas dalam diri pelajar dan mahasiswa, dan  secara perlahan akan membunuh kreativitas yang tersimpan dalam diri pelajar dan mahasiswa tersebut. Sebagai kalangan ilmiah, bukankah dituntut untuk lebih kreatif dalam berfikir, namun kenapa kreativitas yang telah ada dalam diri itu diabaikan dan disia-siakan. Kembangkanlah kreativitas yang ada dalam diri masing-masing semaksimal mungkin, ingat  hindari tradisi copas, karena  hanya akan membunuh kreativitas yang ada dalam diri kita.

semangat.......
sukses...........:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar