Senin, 30 April 2012


PENTINGNYA FILSAFAT PENDIDIKAN BAGI PENDIDIK

A.Dasar dan Tujuan Filsafat Pendidikan
            Filsafat pendidikan dapat dijadikan sebagai dasar sekaligus pedoman yang terbaik untuk penilaian pendidikan secara menyeluruh. Adapun penilaian pendidikan ini meliputi segala usaha dan kegiatan yang dilakukan oleh sekolah-sekolah, institut, dan lembaga pendidikan secara umum. Filsafat pendidikan ini tentunya mempunyai peranan tersendiri bagi pendidik atau tenaga pengajar dalam melaksanakan pendidikan tersebut, karena dengan  adanya filasafat pendidikan ini pendidik telah mempunyai pengetahuan tentang manusia .
            Ada beberapa tujuan kita mempelajari  filsafat pendidikan, diantaranya adalah sebagai berikut :
1         Dengan berfilsafat kita lebih menjadi manusia, lebih mendidik, dan lebih membangun diri sendiri.
2         Berusaha mempertahankan sikap yang objektifmengenai intisari dan sifat-sifat barang itu sendiri.
3         Mengajar dan melatih kita memandang dengan luas dan menyembuhkan kita dari kepicikan.
4        Menjadikan kita orang yang dapat berfikir sendiri.
5         Bagi seorang pendidik, filsafat mempunyai kepentingan istimewa karena dapat memberikan dasar-dasar dan ilmu pegetahuan lainnya mengenai manusia.

B.Peranan dan Fungsi Filsafat Pendidikan
            Semenjak filsafat  lahir dan tumbuh di lingkunagn kehidupan manusia, filsafat pendidikan berperan penting dalam memberikan pengertian dan menjadi pedoman bagi manusia dalam usaha memahami hakikat sesuatu. Ajaran filsafat telah membantu kita  dalam memberikan jawaban-jawaban atas problema-problema mendasar dalam alam pikiran dan alam kehidupan manusia.
Filsafat pendidikan ini mempunyai banyak fungsi, baik bagi pendidik, peserta didik, maupun bagi pendidikan itu sendiri.  Beberapa fungsi filsafat pendidikan antara lain :

1.       Fungsi spekulatif
Ø  Dalam hal ini, filsafat pendidikan berfungsi untuk mengerti dan mengenal persoalan- persoalan pendidikan secara komprehensif.  Ini berarti bahwa filsafatlah yang mengerti akan persoalan yang terjadi dalam bidang pendidikan, untuk kemudian dicari jalan keluarnya.

2.       Fungsi normatif
Ø  Filsafat berfungsi menemukan nilai dan norma – norma kehidupan yang bersumber pada dasar-dasar filsafat yang hidup yang dimilikinya. Norma ini tentunya mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia, yaitu sebagai pedoman dalam melaksanakan segala sesuatu, atau menjadi ukuran baik atau tidak baiknya suatu tindakan.

3.       Fungsi teori
Ø  Merupakan ide-ide, konsepsi, kesimpulan-kesimpulan bagi pelaksanaan  atau praktek dari pendidikan.

4.      Fungsi kritik
Ø  Filsafat berfungsi dalam memberikan pertimbangan-pertimbangan serta penafsiran data ilmiah. Filsafatlah yang berperan penting dalam mnganalisa data-data ilmiah tersebut dengan berbagai  pertimbangan yang sebelumnya telah dipikirkan secara mendalam.

5.       Fungsi integratif
Ø  Dalam hal ini filsafat  digunakan untuk memadu semacam nilai dari asas normatif dalam ilmu pendidikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar