Minggu, 15 April 2012


Lalu Lintas Terabaikan

Ada banyak fenomena di Kota Padang yang seringkali ditemui namun dianggap sebagai sesuatu yang biasa, padahal hal itu perlu mendapat perhatian serius dari Pemerintahan Kota Padang, dan Aparat Keamanan. Salah satu fenomena yang tak asing lagi bagi kita adalah kemacetan lalu lintas di Kota Padang. Kemacetan lalu lintas ini mulai dari depan kampus UNP sampai ke depan Basco Grandmall dan Hotel. Apalagi kalau lagi akhir pekan, kemacetan akan semakin bertambah. Hal ini sebaiknya mendapat perhatian serius dari pemerintahan kota Padang.
Berbicara tentang lalu lintas di jalan raya di Kota Padang, ada satu hal yang menarik perhatian saya yaitu tidak adanya zebracross bagi orang - orang yang akan menyeberang jalan. Banyak orang yang mengalami kesulitan untuk menyebrang jalan karena jalan raya selalu dipenuhi oleh kendaraan yang lalu lalang. Sebagai contohnya, di depan kampus UNP Air Tawar dan di depan Basco, disini tidak ada zebracross. Banyak para pejalan kaki yang akan menyebrang jalan berdiri agak lama untuk menyeberang jalan karena banyaknya kendaraan, mulai dari angkutan umum, sampai pada kendaraan pribadi. Kendaraan yang lalu lalang ini seakan tak ada hentinya, selalu dan selalu jalan dipenuhi oleh kendaraan. Kesulitan untuk menyeberang jalan ini tidak hanya dirasakan oleh mahasiswa saja, namun semua orang yang akan menyeberang jalan umumnya merasakan hal ini.
Kami harus menunggu sampai kendaraan di jalan raya agak sedikit, barulah kami bisa menyeberang jalan. Hal ini tentunya akan berdampak bagi orang-orang yang akan menyeberang jalan tersebut, betapa tidak mereka harus kehilangan waktu yang cukup lama untuk menyeberang jalan. Saya mengambil contoh seorang mahasiswa/mahasiswi yang akan kuliah pada jam 07.00 WIB, namun dikarenakan jalanan sanagat ramai oleh kendaraan sehingga membuat ia harus menunggu samapi kendaraan tidak begitu ramai dan barulah ia bisa menyeberang jalan. Hal ini membuat ia terlambat datang ke kampus, ketinggalan materi kuliah, dan bahkan ada yang tidak masuk kuliah karena tid ak diizinkan oleh dosen untuk masuk kelas. Berapa banyak kerugian yang dialami oleh mahasiswa tersebut? Pantaskah kita menganggap masalah ini sebagai masalah yang sepele? Tentu tidak, banyak kerugian yang bisa ditimbulkan oleh masalah ini dan jelas masalah ini perlu mendapat perhatian serius dari pemerintahan Kota Padang.
Jika hal ini terus dibiarkan dan tidak mendapat perhatian serius dari Pemerintahan Kota Padang akan berdampak buruk bagi masyarakat Kota Padang itu sendiri. Masyarakat akan kehilangan banyak waktu berharga mereka karena susahnya menyeberang jalan, padahal bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai aktivitas yang bermanfaat dalam kehidupan mereka. Jika para pengendara ini mematuhi peraturan lalau lintas dan tidak kebut-kebutan di jalan raya mungkin orang yang akan menyeberang jalan ini pun tidak akan begitu kesulitan untuk menyeberang jalan. Mereka akan lebih mudah un utk menyeberang jalan dan merekapun tidak akan kehilangan waktu serta dapat memanfaatkan waktu tersebut semaksimal mungkin, sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.
Sekali lagi saya tekankan bahwa hal ini perlu mendapat perhatian dari Pemerintahan Kota Padang. Upayakan untuk membuat zebracross agar orang yang hendak menyeberang jalan tidak lagi kesulitan, terutama di depan kampus UNP Air Tawar dan di depan Basco Grandmall. Selain itu, dari pihak kepolisian lalu lintas diharapkan bisa menertibkan lagi para pengendara kendaraan agar lalu lintas berjalan dengan lancar. Kami sangat mengharapkan kebijaksanaan dari pihak kepolisian lalu lintas dan Pemerintahan Kota Padang agar mengupayakan perbaikan ini sesegera mungkin agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa teratasi dengan baik. Kerjasama antar berbagai pihak terkait tentunya sangat dibutuhkan agar bisa mencapai hasil yang diinginkan dan demi terciptanya kehidupan yang aman dan tertib di Kota Padang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar